Sejarah

Sejarah

SEJARAH DEPARTEMEN PATOLOGI KLINIK

FK UNAIR SUARABAYA

 

Patologi  Klinik  Fakultas  Kedokteran  Universitas Airlangga  berdiri pada bulan  Mei tahun 1963 oleh upaya kerja keras Prof. Dr. Marsetio Donosepoetro, dr.,  SpPK. Departemen ini pertama kali menempati laboratorium di ruang Penyakit Dalam RSUD Dr.Soetomo Surabaya.

Patologi Klinik FK Unair sejak tahun 1973 sampai dengan tahun 2005 berkantor di lantai 1 dan 2 gedung Science Building.
Patologi   Klinik   Unair   Surabaya   sejak   berdiri   senantiasa   aktif   berkarya,   baik pendidikan maupun pelayanan bahkan penelitian untuk menunjang program pendidikan dokter. Pelayanan yang dilakukan meliputi berbagai pemeriksaan laboratorium untuk screening, penentuan diagnosis, monitoring terapi, dan prognosis penyakit.
Pemeriksaan laboratorium yang dilakukan saat itu masih banyak dilakukan secara sederhana dan manual.
Pelaksanaan hemodialisis perdana di Surabaya diprakarsai oleh Prof. Dr. Marsetio Donosepoetro, dr., SpPK. dan rekannya di Laboratorium Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 1974.
Pendidikan dokter spesialis senantiasa dilakukan untuk menghasilkan dokter yang mampu menyelenggarakan pelayanan laboratorium dan dapat melakukan interpretasi hasil laboratorium   dengan baik sehingga semakin meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien.
Renovasi Gedung Science Building menjadi Gedung Pusat Diagnostik Terpadu (GPDT) dilakukan pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2008 dan untuk sementara PATOLOGI KLINIK Unair menempati Gedung ex-Kanwil untuk administrasi dan Ruang Dharmawanita untuk pelayanan laboratorium.
Patologi Klinik FK UNAIR saat ini menempati Gedung Pusat Diagnostik Terpadu lantai 1  dan  2.  Lantai  1  untuk Ruang  Sampling  dan  lantai  4  untuk  pemeriksaan  sampel  dan program pendidikan meliputi kuliah dan praktikum untuk S1 Kedokteran Umum, program pendidikan dokter Spesialis 1, Spesialis 2, S2 dan S3 Kedokteran, dan D3 Analis Medis.
Pemeriksaan laboratorium    yang dilakukan saat ini telah banyak mengalami perubahan, berkembang dari pemeriksaan manual menjadi pemeriksaan yang otomatis dan canggih. Penggunaan alat secara otomatis memberikan hasil pemeriksaan yang reliable dan lebih cepat.
Patologi  Klinik  FK  UNAIR/RSUD  dr.  Soetomo  sejak  bulan  Agustus  2011  telah membuka pelayanan laboratorium non stop 24 jam dengan tenaga profesional dan jaminan validasi hasil.
Patologi Klinik tidak berhenti melakukan inovasi dalam pelayanan, pendidikan dan penelitian. Sebuah teknologi transportasi sampel pemeriksaan yang menghubungkan ruang sampling dari rawat jalan maupun seluruh ruangan rawat inap RSUD Soetomo dengan ruang analisa sampel. Teknologi ini dapat mempercepat waktu pengiriman sampel dan menjaga kualitas sampel dalam keadaan baik. Sistem ini digunakan untuk mengirimkan kembali hasil pemeriksaan ke ruangan/instalasi pengirim.
Mulai tahun 2015, UNAIR mengeluarkan Surat Keputusan tentang pembukaan Program Studi Sub Spesialis Patologi Klinik.